Wandering & Wondering

Tuesday, 11 July 2017

Gerakan Fiksi Mini

DONOR: Ketika anaknya dikabarkan membutuhkan donor jantung sesegera mungkin, seorang Ibu berdiri dengan jantung di tangan kanannya dan dengan dada kiri yang berlubang.

Kisah berjudul "Donor" di pembukaan tulisan ini adalah salah satu contoh fiksi mini yang aku buat. Bisa jadi kita sudah begitu familiar dengan kata fiksi mini. Atau kalaupun bukan dengan nama fiksi mini, ada yang mengenalnya dengan kata flash fiction, micro fiction, fiksi singkat, 6-words fiction, atau "ooooh, cerita yang singkat itu yaa..."

Dengan kemajuan jejaring sosial, fiksi mini yang diprakarsai oleh Ernest Hemingway ini (setidaknya itu sepengetahuan saya, kalau ada yang tahu penulis lain yang ternyata mengawali ini kabar-kabari ya) mulai menyebar di twitter, instagram, dan blog-blog. 

Ernest Hemingway dulu konon ditantang oleh seseorang yang intinya begini: "Eh, lu kan udah jago nulis novel panjang. Gue tantang Lu nulis novel terpendek di dunia" Yakali, novel pendek kayak gimana. Akhirnya Hemingway pun menulis novel pendeknya: "For sale: baby shoes, never worn."

Nah yang unik dari fiksi mini adalah satu baris flash fiction atau sudden fiction tersebut adalah meski sebaris, tapi pembaca bebas melangitkan imajinasi setinggi-tingginya sesuai dengan kata-kata itu:
Sepatu bayinya dijual dan masih belum dipakai. Apakah itu di jual di toko biasa? atau seseorang menjualnya karena ternyata bayinya yang diimpi-impikan tidak pernah lahir alias keguguran sehingga ia harus menjual sepatu bayi yang belum pernah dipakai supaya kesedihannya akan bayinya juga hilang, atau bayinya hilang atau kemungkinan-kemungkinan lain.


Nah, sekarang coba perhatikan contoh fiksi mini lainnya dari berbagai sumber:

 KARAM. Pertolongan akhirnya datang. Kami melambaikan tangan dari dasar laut. – @fiksimini
SEHABIS NONTON PERTUNJUKAN SULAP “Ma, lihat aku bisa menghilangkan kelingkingku seperti pesulap tadi” jawabnya sambil menggenggam pisau. @AndyTantono
MENDINGIN: Setiap kali kau mulai merasakan dingin di ujung kakimu, saat itulah mereka menyentuhmu mencoba merasuki tubuhmu. @fiksiminikengkawan @nugragente
Nah, kemudian fiksi mini mulai merambah dan berbagai bentuk fiksi mini hadir, ada gerakan @fiksimini di twitter yang menulis fiksi mini dengan hanya 140 karakter, ada yang menulis di instagram, ada yang menulis kumpulan fiksi mini di blog. Intinya fiksi mini itu biasanya punya sifat menghentak pembacanya meski hanya dengan sedikit kata-kata. Pembaca bisa kaget, takut, jatuh cinta hanya dengan sedikit kata.

Terus kalau kita nulis fiksi mini harus sedikit banget kayak contoh di atas?

Sebenernya batasan fiksi mini tidak jelas sih. Dibawa nyantai aja. karena kalaupun kamu mau buat satu paragraf, dua paragraf, satu baris, dua baris, tidak masalah. asal jangan kepanjangan kayak cerpen.

Mau baca-baca lagi yang lainnya? mari mampir ke www.medium.com/3-kengkawan atau kalau yang mainnya di wattpad ada kumpulan fiksi mini horror/thriller saya yang sudah dibundel.


Tapi disitu terbatas genrenya, kalau mau lebih bervariasi mampir ke Fiksi Mini Kengkawan aja ya.

Eh tapi, inti tulisan ini bukan cuma mau promosi rumah sebelah saya, loh. Semoga tulisan ini bisa membuatmu semangat menulis meski hanya sedikit, saya kadang suka terinspirasi dari fiksi mini untuk membuat tulisan panjang saya yang lain loh.

Eh ya, mau coba main fiksi mini berantai di kolom komentar? Kalau ada yang mau, hayu!


Follow my blog with Bloglovin
5 comments on "Gerakan Fiksi Mini"
  1. Mantap mba...





    http://www.masdim.id

    ReplyDelete
  2. jadi ini yah fiksi mini itu, saya biasanya nemu kayak gini di instagram. awalnya pikir itu cuman caption sih soalnya cuman nampilin satu kalimat aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya fiksi mini sekarang merambah ke medsos lain juga, termasuk instagram. Ayo ikutan bikin juga.

      Delete
  3. Keren, pembahasan yang menyenangkan tentang 'fiksi mini'.. :)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature
Pembaca hidup dan buku yang ada karena 'udunan' kebaikan dari banyak orang. Silakan kunjungi rumah sebelah di www.medium.com/@sarafiza