Wandering & Wondering

Wednesday, 21 June 2017

Memilih Notebook yang Membuatmu Makin Produktif



Apa tandanya bahwa kamu tergolong orang produktif?

Skripsi Selesai!
Bikin Kue Lebaran!
Ikut Kegiatan sosial dan organisasi!
Kuliah!
Kerja pagi sampai sore!
Nonton satu season sekaligus serial tv dalam sehari! *modus produktif
Bermanfaat dan membahagiakan orang lain! *hazeeeeeek XD   

Kalau saya sih, produktif itu salah satunya kalau bisa menelurkan banyak tulisan-tulisan—baik itu di blog, menumpuk di pojokan storage laptop, atau cuman mampir di status medsos—Apalagi, ketika mendeklarasikan diri menjadi pribadi yang (katanya) demen nulis. Katanya sih demen, tapi nulisnya jarang dan kebanyakan alasan untuk tidak menulis. Yah, demennya palsu, dong. Hiks... *Kemudian menatap masa depan dengan tatapan kosong dan termenung di pojokan.

Terus, ketika melihat deretan karya teman yang kini sudah dibukukan, munculah api berkobar di dua bola mata saya, dan bukannya cepat-cepat merampungkan isi novel, saya malah curhat di blog saya (blog sebelah). Tidak disangka, curhat saya sampai pada suatu kesimpulan yang membuat saya merinding sendiri:




Berakhir dengan sebuah doa agar kelak karya saya bisa bersanding dengan karya teman-teman saya yang lainnya. Seperti yang saya curhatkan di blog sebelah, banyak kerjaan tidak bisa jadi alasan untuk tidak produktif menulis, atau mungkin jadi alasan kita semua untuk tidak merampungkan apapun yang membuat kita produktif. Jadi saatnya kita menyingkirkan alasan-alasan yang menghambat kita untuk tidak produktif. Bagi penulis baik itu penulis novel, blog, cerpen, atau penulis tugas kuliah sekalipun, biasanya perlu penunjang untuk jadi makin produktif seperti komputer atau laptop alias Noteboook yang cocok. Terus yang cocok yang kayak gimana?

Untuk saya yang suka berganti suasana saat menulis untuk membunuh kebosanan, juga mobile kesana kesini karena berbagai aktivitas, dan hobi jalan-jalan, maka saya harus menyesuaikan perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana, tahan lama baterainya, pengen murah juga, tapi desainnya harus kece. (Kebanyakan maunya, tapi kamu juga mau kan?)

Supaya urusan barang elektronik satu ini tidak lagi jadi masalah, akhirnya saya mulai mencari notebook alias komputer jinjing (Yakali mau komputer rumah dibawa-bawa kemana-mana) yang sesuai.

Merk. Untuk Merk, kayaknya tidak usah terlalu banyak pertimbangan. Saya langsung pilih ASUS. Kenapa? Karena Merk ASUS yang mendunia ini sudah menjadi pilihan saya dari dulu karena terjamin mutunya. Spesifikasi asyik dengan harga yang tergolong murah dan bersaing dengan Merk lainnya.
Setelah cari jenis notebook ASUS yang mana yang paling cocok untuk kita yang mau produktif di manapun, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada ASUS E202. Kenapa? Berikut pertimbangan memilih ASUS E202, dan bisa juga jadi pertimbanganmu untuk memilih Notebook yang bisa membuatmu makin produktif.

1.  Penampilan Menarik dengan Fitur Lengkap
Saya senang menulis dengan berbagai suasana, kadang ke perpustakaan, ke taman, wifi corner (modal gratisan), kafe (biar kekinian), dan tempat lainnya. Pekerjaan seperti menerjemahkan pun perlu dikerjakan meski saya sedang tidak di rumah. Belum kalau traveling tapi masih pengen produktif nulis. Menjadi pribadi produktif dan mobile atau kata bahasa kerennya “tukang gudag gidig” (baca: tidak bisa diam/kesana kemari) kita perlu mencari notebook yang ukurannya tidak besar, namun tetap pas dipakai kerja sehari-hari.

Juga, yang paling penting, ringan dibawa kemana-mana supaya bahu kita tidak terlalu terbebani saat menggendong tas yang berisi laptop dan barang lainnya. Hidup sudah berat dan penuh beban, apalagi ketika diberondong pertanyaan, “Kapan lulus?” “Kapan nikah?” “Kapan punya anak”, “kapan beres naskah”. Jangan sampai urusan notebook yang kudu dibawa kemana-mana ini menambah beban hidup kita. Hazeeek.

ASUS E202 menawarkan notebook dengan ukuran yang tidak lebih besar dari kertas A4, mungil dan ringan dibawa kemana-mana.




Meski mungil tapi jangan salah, laptop ini punya kapasitas penyimpanan lega yaitu 500GB. 

Untuk dibawa nongkrong-nongkrong cantik dan tetap produktif, notebook ini tidak hanya mungil, tapi menawan. Empat warna yang ditawarkan, yaitu Rogue Red, Dark Blue, Thunder Blue, dan Silk White, membuat perangkat ini makin manis, seperti para pembaca, Iya… Kamu… (Alaynya mulai keluar)



Tidak hanya tampilan luar, ketika laptop dibuka dan kita melihat touchpad dan keyboard juga layar HD yang tajam, kita tidak hanya ditawarkan dengan tampilan yang menarik, tapi juga fitur yang lengkap.



a.   Smart Gesture Technology
Smart gesture ini membuat touchpad seolah gadget layar sentuh lainnya seperti smartphone atau tablet dan memudahkan untuk scroll, memblok tulisan, klik sana sini, zoom in/out, drag, dan lainnya dengan lebih mudah dibanding perangkat touchpad pendahulunya. Demo smart gesture touchpad bisa dilihat di video ASUS di bawah ini:


b.   Chiclet Keyboard

Ukuran keyboard yaitu 1,6mm antar tuts keyboard yang  yang lebih renggang dibanding keyboard lain pada notebook berukuran 11,6 lainnya, membuat notebook ini nyaman dipakai mengetik untuk jangka waktu yang lama sekalipun.

2.  Baterai Tangguh Tahan Lama
Saya teringat ketika saya sudah pulang kerja, baterai laptop saya sudah mulai melemah dan memang tidak bisa standby lama-lama, tapi saya mau langsung menulis dengan suasana baru (sambil download film terbaru. modus lagi...). Saya beranjak ke suatu tempat makan yang punya koneksi wifi gratis, dan bisa ditebengin lama meski hanya pesan minum atau makanan alakadarnya.

Sesampainya disana, hal yang pertama yang saya cari, bukan makanan, tapi colokan! Ketika melihat ada colokan kosong, dan orang pun mengincar hal yang sama, saya jadi balap elegan (halah) menuju satu-satunya colokan tersisa. Tapi, sayangnya saya tidak berhasil. Karena sudah kepalang masuk, Alhasil saya pesan minum, duduk dan membuka laptop. Dan Ketika inspirasi lagi lancar-lancarnya. Notifikasi baterai yang tinggal 10% mampir, saya melirik cari colokan, tapi Nihil. Saya teruskan menulis, dan Jepret! Laptop saya menghitam layarnya. Duh, inspirasi kemudian siap-siap melarikan diri (downloadan pun hilang karena belum beres, tidaaaak!), kecuali jika colokan penyelamat tiba-tiba tersedia. Biasanya saya cari tempat lain yang ada colokan, atau langsung pulang diiringi lagu Sheila on 7 “Aku pulang.”

Kesel kan kalau kejadiannya kayak gitu, Makanya yang jadi pertimbangan saya kalau cari-cari laptop lagi mau yang baterainya tahan lama! Titik!

Nah, kebetulan ASUS E202 ini bagai penyelamat, bayangkan… meski bodi mungil, tapi baterai tangguh, gan!



8 Jam! Puas puasin tuh nulis, nugas, sama download tanpa perlu cari colokan dulu. Semua ini juga karena notebook ini diotaki oleh Intel Celeron Dual Core N306 generasi ke lima (Braswell) yang memiliki konsumsi daya yang rendah dan membuat notebook ini hemat daya. Terus kalau baterai mulai lemah dan harus di-charge, jangan khawatir. ASUS E202 ini punya colokan charger USB 3.1 Type C yang membuat ngecas jadi lebih cepat dan hemat waktu. 

3.  Tawaran Plus Plus
Selain alasan utama di atas untuk memilih notebook buat kita-kita yang mau produktif di mana-mana, kita harus memperhatikan tambahan plus plus lainnya yang disediakan laptop incaran kita. Misalnya ASUS E202 yang selain hadir dalam versi Windows 10 juga DOS, memiliki tawaran lebih seperti ini:

a.   Bebas bising dengan Fanless Technology


Tahu kan kalau laptop yang ada kipas di dalamnya itu biasanya ‘ngagerung’ alias bising? Kalau kita lagi di tempat sunyi seperti perpus, atau di lingkungan kosan, lumayan ganggu juga sih. Teknologi tanpa kipas ini juga membuat notebook ASUS E202 hemat daya, mengurangi masuknya debu yang membuat perawatan menjadi mudah.

b.   Audio mantap dengan Asus Sonicmaster


Teknologi audio yang dimiliki asus ini membuat kita lebih enak mendengar audio dari musik, film kesayangan, video youtube, atau audiobook sekalipun. Speaker di bagian depan, membuat speakernya lebih keras dan cocok untuk dipakai nonton bareng teman.

c.   Konektivitas
Tidak hanya dilengkapi dengan RAM 2 GB, konektivitas si mungil ini ternyata lengkap dan cepat. Bluetooth V4.0 membuat transfer data lebih cepat. Wifi dengan berstandar 802.11ac membuat koneksi internet laptop ini menjadi lebih cepat dengan frekuensi 5GHZ. Teknologi ini belum banyak dipakai oleh gadget dengan harga terjangkau loh. 



Tidak hanya itu, adanya port-port lengkap, seperti USB 3.1 Type C yang dijelaskan sebelumnya bisa ngecas dengan cepat, ternyata bisa juga melakukan transfer data dengan lebih cepat hingga 5gbps. USB ini dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0. Teknologi ini baru ASUS E202 yang punya loh di kelas notebook 11,6 inch lainnya.


       Yap! Itulah pertimbangan-pertimbangan saya dalam memilih notebook, khususnya ASUS E202. Kalau kamu punya aktivitas seperti saya, atau kamu anak muda yang hidupnya dihiasi tugas-tugas, skripsi, tesis, presentasi kelas, juga proyekan Atau guru/dosen dengan kerjaannya bikin soal, cari media pembelajaran, hingga ngisi rapot, atau siapapun yang mau produktif di mana pun berada. Maka, notebook ASUS E202 ini cocok jadi pilihan. Karena selain segudang kelebihan di atas, harga laptop ini hanya Rp 3.099.000 (DOS, Tanpa Windows OS) dan yang sudah terpasang sistem operasi Windows 10 hanya Rp 3.499.000 saja.    

        .


       Kalau ingat kutipan di atas. Tentang sebuah semoga agar karya saya bersanding dengan karya penulis lainnya di rak buku. Yuk kita rancang lagi sebuah semoga, agar nanti kita bersanding dan sama-sama produktif, juga semoga karya-karya kita yang dibuat dari hati, apapun itu, bisa diterima dan bersanding dalam dunia yang penuh kebermanfaatan. Selamat berkarya! 


Sumber:
ASUS E202SA: https://www.asus.com/Laptops/E202SA/
ASUS E202, Notebook 11,6 Inchi Penuh Warna: http://sobathape.com/2016/11/03/asus-e202-notebook-116-inci-penuh-warna-dengan-baterai-8-jam/#disqus_thread 
Smart Gesture Touchpad: https://www.youtube.com/watch?v=T6wJjDeCVvU

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com
35 comments on "Memilih Notebook yang Membuatmu Makin Produktif"
  1. Laptopnyaa bagusss...
    Bisa buat nonton pes sama main pilemm
    Semoga dapet ya, walaupun saingannya banyak, kalo jodoh bakal ketemu kok.
    Gitu kan >?

    ReplyDelete
    Replies
    1. APA? JODOH?
      *kemudian sensitif..

      wkkwkw

      iyaaak.. aamiiin.. aamiiiin..

      Delete
  2. ih jadinya pengen beli notebook lagi deh abis baca ini huhu 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli, Stro. Senjata andalan penulis masa kini.. hazeek.. ntar kalau udah punya, kita nongkrong nulis bareng di warteg.. :p

      Delete
  3. what a time bgt saraah, ak lg nyari2 referensi. notebook dlu ak LCD nya rusaak. huhuhu...
    skr ga bingung lg, insyaallah. stelah ad kucuran dana. go, getting ASUS E202SA. Dark Blue nya lucuuu yaaa... ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, berarti pas banget ya. kita jodoh berarti.. mwahahhaa... LCD mahal, mending sekalian ganti laptop ajeu. Capcus, Ratih. sepulang dari ostrali. hihi

      Delete
  4. Lagi nabung juga disini buat beli laptop Asus. Bukan buat nulis, tp buat design wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung yang banyak yak nak. sebanyak-banyak banyak banyak banyaknya. XD

      Delete
  5. punya mimpi punya Asus ROG series...buat ngegame.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om. aamiin. Jangan lupa beli popok, Mbakbay.

      Delete
  6. Bagus banget infonya pengen punya juga loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaa, Terimakasih banyak Mbak idolaque.

      Delete
  7. Jadi ngences pengen ganti laptop di hari nan suciiii T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. THR sudah di tangan kan? Segera lengkapi hari nan fitri dengan nastar dan laptop yang ini. :p

      Delete
  8. I'm an Asus Fanatic, and I approve this one.😎👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu! Sama-sama Asus Fan! alhamdulillah, tulisan ini terverifikasi. Terimakasih approvalnya, Tuan.

      Delete
  9. kalau untuk blogger kayaknya laptop sudah jadi kebutuhan yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Apalagi blogger biasanya emang kesana kemari.

      Delete
  10. Bermanfaat banget
    Aku mau aku mau
    Netbuk yg merah biar semangaat nugasnya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasiiiih banyak. Iya yang merah kece juga. Aku juga mau!

      Delete
  11. Aaaaaakkkk~~~ mupeengggg. Pas banget notebook di rumah lagi ngadat chargernya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh chargernya lagi yang ngadat, bisa berabe urusan tulis menulis yak neee...

      Delete
  12. Ini nih laptop keren yg lg aku cari. Spesifikasinya lengkap bgt! Laptop lama udah tua. Sangat-sangat tidak menunjang mobiitas skrng. Kode banget buat LEMBiRU..😂. Nice info!👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. LEMBIRU segera kakak mahasiswa es dua.. hehehe makasih udah mampir ya, semoga bisa segera sampai laptop kerennya di tangan. aamiin.

      Delete
  13. Ini nih laptop keren yg lg aku cari. Spesifikasinya lengkap bgt! Laptop lama udah tua. Sangat-sangat tidak menunjang mobiitas skrng. Kode banget buat LEMBiRU..😂. Nice info!👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah syukurlah kalau ternyata bermanfaat untuk yang sedang merencanakan LEM BIRU. laptop baru untuk membersamai jaket kuning nanti ya.. hoho

      Delete
  14. I'm an Asus Fanatic, and I approve this one.😎👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asus kalau udah disukai sama catatan super metal, berarti udah terbukti!

      Delete
  15. Kuat buat diinstall software design kan type ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. software design nampaknya perlu laptop ASUS lain yang lebih kuat, Mbak. Tergantung sih software designya apa. sarah sekarang pakai notebook asus berukuran mungil juga, tapi alhamdulillah kok masih jalan. Laptop ini kecenya, kalau untuk aktivitas sederhana sehari-hari.

      Delete
  16. Terimakasih juga mbak sudah mampir, menampi asus yang biru, semoga jodoh :*

    ReplyDelete
  17. salut sama penyajian artikelnya 👍

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, komentar ini berarti banget buat saya yang minim pengalaman ngeblog. Terimakasih sudah mampir, baca, dan meninggalkan jejak komentar.

      Salam kenal.

      Delete
  18. Hi Sarah, ketemu lagi. Semoga next competition beruntung and success ya.... Nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dikomen pemenang, hihi.. iya aamiin.. selamat ya, mas :D

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature
Pembaca hidup dan buku yang ada karena 'udunan' kebaikan dari banyak orang. Silakan kunjungi rumah sebelah di www.medium.com/@sarafiza