Wandering & Wondering

Friday, 14 April 2017

Liburan Halal Ke Jepang Bareng CHERIA Halal Travel



Yap! Kutipan singkat di atas adalah cerpen pertamaku tahun 2011 yang ternyata masih sinetron banget padahal sudah melalui tahap revisi. Namanya juga penulis belajar ya. Cerpen berjudul ‘Shiawase’ yang merupakan bahasa jepang dari kebahagiaan itu berlatar di Jepang. Dengan karakter bernama Sachiko yang berarti anak yang ceria dan Ayumi (diambil dari nama temannya Conan Edogawa haha).

Begitu senangnya aku dengan budaya jepang dan segala seluk beluk bahasa dan hiburannya membuat aku akhinya terinspirasi untuk menorehkan kata-kata tentang Jepang. Entah ini karena Naruto atau Chibi Maruko, tapi tumbuh dengan menyaksikan berbagai budaya tradisional dan popnya, akhirnya bisa menghasilkan sebuah karya. Karena itulah, akhirnya aku punya impian untuk bisa berlibur ke Jepang bersama keluarga. Kenapa Jepang?



Waaaah, Jepang beneran paket komplit ya!
Sambil ngobrolin Jepang, kita kembali ke Cerpen ‘Shiawase’ yang dapat dibaca di blog ini juga loh. (Malah promosi. Supaya nyambung sama cerita *modus*). 

Cerpen ini bercerita tentang Ayumi yang kebingungan dengan tingkah sahabatnya, Sachiko, yang berubah drastis. Ia tidak lagi makan daging babi dan daging haram lainnya, minum sake atau makanan yang mengandung sake, budaya-budaya Shinto, dan lainnya. Perubahan itu karena ternyata Sachiko diam-diam memeluk Islam. Keluarganya adalah penganut ajaran Shinto yang kuat dan tentunya melarang dengan keras keputusan Sachiko. (Spoiler alert! Eh telat ya)
Kebayang kan dari cerita yang aku buat, bagaimana pandanganku terhadap Jepang?

Meski aku sangat menyukai Jepang dan isinya, tapi ternyata ada ketakutan yang mendalam untuk ke Jepang karena makanan yang tidak halal bertebaran, shalat sulit, perilaku warganya yang menganggap Islam teroris, dan lain-lain. Kalau takut, gimana mau ketemu Sachiko dan Ayumi di Jepang ya? 

Saat imajinasi sedang membumbung, biasanya aku melakukan percakapan di kepalaku sendiri dengan Sachiko, seperti percakapan yang baru saja terjadi di kepalaku sendiri:

Sachiko: Kapan main ke Jepang? Aku ingin sekali melihat saudara seimanku dan keluarganya dari Indonesia ini.
Aku: Hehe, ragu-ragu aku, Sacchan. (Sok akrab banget)
Sachiko: Takut ketemu keluarga aku yang galak itu?
Aku: salah satunya. Bingung juga sih nanti makannya gimana, kalau ibadah gimana, kalau hotelnya gimana, kalau..
Sachiko: Ssst! Kebanyakan takut kamu! Sekarang sudah ada yang namanya Wisata Halal. Jepang juga sudah menyiapkan penyambutan para wisatawan Muslim dengan baik.

Pufff! Sachiko menghilang. Otakku tumpang tindih dengan kebingungan. Mungkin ini karena efek liburan sudah di depan mata. Terlebih untuk berlibur bareng keluarga, harus cari momen pas supaya tidak bentrok dengan jadwal kerja. Yang terdekat dan paling pas emang Liburan lebaran, terus liburan akhir tahun. Liburan bareng keluarga Ke Jepang pakai wisata halal kata Sachiko, seru dan aman kali ya. Biasanya kalau liburan kalau sama keluarga tercinta memang harus memperhatikan hal detail, selain jadwal biasanya orangtua pengen yang terjamin segala macamnya, yang anak-anak pengennya arena bermain, kalau aku, kalau bisa naik pesawat, sudah alhamdulillah. haha.
Sachiko: (Kembali lagi) Kemarin ada juga dua pelajar Indonesia yang lagi bingung libur sekolahan mau kemana. Kamu bisa belajar dari pengalaman mereka deh. Nih tonton videonya.



Wow, wisata halal sama Cheria Travel di video di atas bikin kesengsem deh. Karena mengikuti Sachiko yang mau belajar hal-hal baru, aku pun akhirnya jadi kepo dengan Cheria dan Cheria Halal Holiday. Setelah berseluncur ke website dan media sosialnya. Aku semakin yakin bahwa "Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap diIndonesia” 




Ternyata khawatir, tinggal kenangan.
Kini justru semakin tergiur untuk mengisi liburan dengan wisata halal ke Jepang. Semua kekhawatiranku sudah luruh.

Aku dulu mengira bahwa wisata halal itu adalah wisata ke tempat ziarah atau situs keislaman saja. Tapi, ternyata bukan. Kita bisa berwisata kemana saja, bahkan ke negeri dengan mayoritas non-muslim sekalipun, seperti Jepang, dan kita tetap aman dan tak menanggalkan prinsip Islam. Semua ini karena sebenarnya—seperti yang dipaparkan dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)—Wisata halal adalah  wisata yang sesuai dengan prinsip syariah. Prinsip syariah ini seperti ketersediaan makanan dan minuman halal, adanya tempat ibadah dan jadwal yang menyesuaikan dengan waktu shalat, dan lainnya.

Ini penting loh, karena bertamasya itu kita tidak hanya berjalan-jalan ngalor ngidul, tapi kita juga bisa mentafakuri alam. Gimana mau tafakur alam kan kalau ibadahnya ketinggalan dan konsumsinya tidak halal? Sachiko aja dalam kisahnya, berhati-hati dalam melaksanakan prinsip Islam. Masa kita enggak?

Karena MUI sudah mengeluarkan fatwanya dengan jelas, maka aku tertarik dengan travel yang mendukung MUI untuk mengembangkan wisata halal. Dan sama seperti si Asep dan si Kiki di video atas (Asal banget ngasih nama) aku akhirnya merasa senang dengan adanya Cheria Tour yang meraih Tiga Terbaik Lomba Wisata Halal 2016 dan mendeklarasikan diri mendukung fatwa MUI. 

Kalau liburan bareng keluarga, harus lebih teliti soal banyak hal. Selain kehalalan, travel yang mengiringi selama perjalanan harus serba super biar terjamin. Nah, Asep dan Kiki dalam Video sudah memberitahu tentang keunggulan Cheria Wisata Halal yang serba super.

                                    1. Super Halal                                       

Karena terang-terangan mendukung fatwa MUI tentang Wisata Halal, sudah pasti program yang ditawarkan tidak hanya menyenangkan, tapi juga terjamin kehalalannya. Baik makanan, maupun waktu sholat meski di Negara yang mayoritas non-muslim. Contohnya saja, di Jepang, Cheria bekerjasama dengan tour operator Jepang yang telah memperoleh sertifikasi dan mendapat pengawasan dari Japan Halal Association (JHA),dari rencana hingga eksekusi, tur dilakukan sesuai dengan syariah. Japan Halal Association menawarkan standar pelayanan yang tinggi dan berkualitas bagi turis muslim yang ingin berkunjung ke Jepang. GImana enggak totalitas coba. Pelayanan super halalnya menenangkan.


                                    2.Super Legal                                       
    
Kalau pilih travel hari gini jangan sampai yang abal-abal, harus tahu bibit, bebet, bobot macam jodoh. Cheria Travel sudah mengantongi berbagai macam legalitas yang menenangkan pelanggannya. Cheria telah terdaftar sebagai biro resmi perjalanan haji dan umrah di Indonesia. Cheria memiliki lisensi Konsorsium dengan legalitas SK Departemen Agama RI No. D/577/2011 dan Umrah Depag RI D/836-2012 dan BPW/SIUP: 2365/2012.


· TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013 Dinas Pariwisata DKI Jakarta 
·  Member International Air Transport Association (IATA) dengan Nomor 15314132 
· Izin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus Madinah Iman Wisata Nomor 118 Tahun 2015
· Izin Umroh Madinah Iman Wisata Nomor D/70/2015
· Cabang Resmi Madinah Iman Jakarta 


Gedungnya juga jelas dan nyata loh (Tidak seperti Sachiko yang rekaan hehe)



Kantor Pusat
Alamat: Gedung Twink Lt. 3,Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 201 / 021-700 216 (Hunting)
Fax : 021-7918 2408
Email : info@cheria-travel.com
Web: 
www.cheria-travel.com\

[1]

                                       3. Super Lengkap                                   

Untuk keunggulan ini, aku bingung mulai dari mana. Karena memang paketnya lengkap dan serba ada. Untuk paket perjalanan Haji ada plus kuota dan non kuota, untuk umroh ada umroh regular, umroh private, umroh express, umroh plus wisata turki, dubai, dan lainnya.

Untuk paket wisata halal tersedia domestik dan internasional. Untuk internasional, ada PaketTour Wisata Halal JepangPaket Tour Wisata Halal EropaPaket Tour Wisata Beijing, Shanghai, Shenzhen, Hongkong, Korea SelatanAustraliaTurkiBangkok.



Karena aku, Asep, dan Kiki tertarik untuk ke Jepang, jadi kami memilih tour jepang yang ternyata banyak pilihan paket juga. Kita tinggal pilih. Super lengkap banget! Ini baru Travelba (Travel serba ada! *maksa)



                                     4. Super Puas                                      

Didirikan oleh Cheriatna dan Faridah Ningsih yang telah berpengalaman dalam bidang traveling dan dunia marketing maya dan nyata, Cheria hadir dengan pelayanan yang memuaskan dan berpengalaman.
Pelayanan dibuka 24 Jam! Gimana enggak super coba? Harga bersaing dengan fasilitas yang asyik. Terus apa kata dunia?
Ini dia sebagian testimoni dari para pelancong yang dibersamai oleh Cheria.

Serunya Liburan ke Jepang dengan Cheria

Pevita dan Keenan Pearce dalam Tour Turki bersama Cheria

Testimoni Liburan Halal ke Korea

Testimoni Wisata Halal Domestik


Testimoni Jamaah Umrah Cheria




Karena sudah yakin seyakin-yakinnya dengan Cheria Wisata, terus tinggal pilih paketnya mau yang mana dari pilihan lengkap yang ada. Karena pengennya ke Jepang ketemu Sachiko dan Ayumi. Cheria juga menawarkan paket promo Wisata Halal Jepang loh.

Paket Promo Cheria Halal Wisata

Karena seperti yang aku gambarkan di atas tentang alasan memilih Jepang karena budaya tradisional, budaya Modern, makanan, dan pemandangan. Maka, yang paling pas adalah paket yang paling mencakup ke semua hal itu yaitu Paket 7D Beautiful Japan + Theme Park. Ini juga rekomendasi dari Sachiko dan Ayumi kalau liburan ke Jepang. Berikut jadwal rencana perjalanan yang ditawarkan Cheria.


Jadwal perjalanan paket Beautiful Japan+Theme Park

Lengkap dan seru jadwal perjalanannya. Untuk memperjelas keseruan wisata halal di Jepang yang sudah muslim friendly, Sachiko sudah menjelaskan keistimewaan tempat-tempat wajib dikunjungi tersebut. 


                                                1. UNIVERSAL STUDIO OSAKA                                      

Universal Studi Japan dengan Theme park Harry Potter. Sumber gambar di sini

Universal Studio Osaka di Jepang ini adalah pusat permainan paling terkenal di Jepang. Selain diisi turis, universal studio ini dipadati oleh warga jepang sendiri. Ada apaan sih emang di sana? kalau kata Sachiko sih, di sana ada 20 atraksi di 10 area. Atraksinya menarik semua loh, cocok untuk liburan dengan keluarga, ada The Amazing Adventures of Spiderman, Terminator, Space Fantasy, Shrek, dan tentunya yang paling terkenal dan menarik banyak orang adalah Harry Potter! Gimana ya suasana Hogwart di Jepang? Sebagai penikmat buku dan film Harry Potter hal ini tidak bisa dilewatkan.

                                                                      2. KYOTO                                                             

Kyooootooooooooo!

Tempat paling diidamkan dan diimpikan di Jepang adalah tempat ini. Sachiko tinggal di sini loh. Kyoto bagiku adalah sebuah pusat budaya tradisional jepang yang bertaburan kuil-kuil, istana, taman, dan bangunan berarsitektur khas peninggalan masa lalu. Kyoto juga merupakan warisan sejarah yang terdaftar di UNESCO. 
Kuil Kiyomizudera (Sumber gambar)
Cheria Travel katanya akan membawa pelanggannya untuk pergi ke Kuil Kiyomizudera yang merupakan kuil paling terkenal di Jepang. Kiyomizudera berarti kuil air murni karena ditemukan dekat dengan mata air Otowa. Bangunan utama kuil ini dibangun oleh 139 pasak yang didirikan tanpa paku. 

Fushimi Inari Taisha (Sumber gambar)

Setelah dari Kiyomizudera, kemudian Cheria akan membawa kita ke sebuah kuil Shinto, Fushimi Inari Taisha, yang memiliki ribuan gerbang 'torii' warna merah yang berbaris rapi. Perjalanan ini cocok dengan keinginan nuansa budaya tradisional yang aku ingini.


                                 3. NAIK SHINKANSEN KE HAMAMATSU                                    

Shinkansen (Sumber Gambar)

Shinkansen atau bullet train adalah teknologi yang menonjol di Jepang. Bagaimana tidak, kereta ini merupakan kereta cepat dengan kecepatan hingga 300 km/jam. Wah, nanti sama Cheria Travel kita naik ini loh dari Kyoto ke Hamamatsu. Di Hamamatsu, kita nanti menginap di hotel yang sudah disediakan tim Cheria. Tenang, pasti halal kok.


                                4. FUJIYAMA DAN DANAU KAWAGUCHI                                  


Fujiyama (Sumber gambar)
Belum sah rasanya ke Jepang kalau belum mendekati sang primadona pujaan Jepang, Fujiyama yang berarti gunung keabadian. Sachiko sudah berkali-kali naik gunung Fuji. Kelak, kalau aku kesana aku bisa merasakan apa yang dirasakan Sachiko saat mendaki di musim panas ketika salju sudah mencari dan suasana cocok untuk pendakian. 

Dengan ketinggian hingga 3776 mdpl, letak Fujiyama di antara Yamanashi dan Shizuoka dapat terlihat kemegahannya hingga Tokyo. 

Dengan Cheria travel, kita bisa selfie dengan latar belakang Fujiyama dan juga menyambangi Desa Oshino Hakkai di kaki gunung Fuji. Kalau cuaca memungkinkan kita pun akan hiking hingga level 5 gunung ini yang menyajikan pemandangan yang kata Sachiko tak terlupakan.

Setelah pendekatan dengan Fujiyama, Cheria akan mengantarkan kita untuk istirahat di kamar western style atau penginapan kamar tradisional di sekitar Danau Kawaguchi yang merupakan salah satu danau dekat Fujiyama.

                                      5. GOTEMBA PREMIUM OUTLET                                                


Gotemba Premium Outlet (Sumber gambar)
Jauh-jauh menyambangi Fuji-san, kata Sachiko dan Ayumi, harus banget belanja di Gotemba Premium Outlet yang merupakan mall outlet terkenal di Jepang. Cheria Travel pengertian banget, dan memasukkan spot ini ke dalam jadwal perjalanan. Di Gotemba ini sambil berbelanja kita disuguhkan pemandangan Fujiyama juga loh. Itung-itung kangen-kangenan sebelum pergi ke Tokyo.



                                                                   6. TOKYO                                                                


Tokyo tower Ikon kota Tokyo (Sumber Gambar)
Setelah menikmati kebudayaan tradisional Jepang di Kyoto dan Hamamatsu, Target jalan-jalan halal selanjutnya adalah Ibu Kota Jepang yaitu Tokyo, sebuah kota metropolis yang menyimpan budaya modern juga sekaligus mempertahankan tradisional khasnya.

Sesampainya di Tokyo, Cheria Travel akan mengajak kita ke salah satu kuil tertua di Jepang yaitu Asakusa Kannon Temple, Berbelanja di Namikase street dan Ginza Shopping Area yang terkenal itu loh, terlebih dalam dorama-dorama Jepang. 

Selama perjalanan kita juga akan melewati Tokyo tower, Tokyo Sky Tree, dan Imperial Palace. Oh iya, kata Sachiko dalam Japan Halal Summit, Tokyo bertekad untuk menjadi ibukota produk halal dunia.[2] Wah! 



                                                         7. DISNEYSEA                                                                 


Disneysea Jepang (Sumber gambar)
Yang paling penting saat berlibur bareng keluarga adalah tempat rekreasi di mana setiap anggota keluarga dapat menikmati keseruannya, ya kan? Cheria Halal Travel paling ngerti kalau urusan beginian. Makanya, sebelum pulang ke Indonesia, kita akan diajak untuk menyambangi Disneysea, sebuah tempat rekreasi yang berbeda dengan Disneyland. Karena menyajikan petualangan menantang ala Indiana Jones cocok untuk anak muda, juga dewasa yang kenal dengan tokoh Dr. Henry Walton Jones yang senang mencari harta karun. Untuk anak perempuan ada petualangan little mermaid, yang anak laki-laki ada petualangan bajak laut Simbad. 

Selain petualangan untuk anak remaja, Disneysea juga menyajikan Mermaid Lagoon untuk balita loh. Lengkap banget untuk berlibur bareng keluarga. Dan Disneysea ini hanya ada Urayasu, Chiba, Jepang. Beruntung sekali yang ikut paket perjalanan ini.

Setelah Disneysea, maka berlibur bersama Cheria telah selesai. Kita akan diantarkan ke Bandara Narita untuk mengucapkan sampai jumpa dan kembali ke negeri tercinta.



Gara-gara nostalgia dengan Sachiko dan Ayumi, akhirnya jadi memantapkan lagi mimpi untuk mengunjungi negeri sakura. Dan berkat nostalgia dengan Sachiko, kata-kata sachiko pada awal tulisan ini bahwa keluarga adalah surga, mengingatkan bahwa berlibur bersama mereka adalah sebuah kenikmatan tiada tara. Berkat nostalgia dengan Sachiko juga, jadi menemukan tentang wisata halal yang penting untuk muslim dan muslimah sekeluarga dan mempertemukan aku dengan Cheria Halal Travel. Sachiko artinya bahagia atau ceria loh dan nama ini dipilih dulu sekali. Cocok dengan Cheria travel. Mungkinkah kita jodoh? Hazeeek... Biar jodohnya makin jelas, mau langsung pantengin web dan media sosialnya juga pastinya.





Selamat berlibur bersama keluarga dan Cheria Halal travel ya.

Mari kita saling melangitkan doa agar bisa mentafakuri dunia bersama keluarga kita.












Sumber:
[1] http://www.cheria-travel.com/p/company-profile-pt-cheria.html
[2] http://blog.resistnews.web.id/2014/09/jepang-ingin-jadikan-tokyo-sebagai.html

Update:

Wah, Alhamdulillah. Allah Maha Baik. Tulisan ini akan mengantarkan saya terbang pertama kalinya naik pesawat dan pertama kalinya ke Pulau Weh, Aceh. Terimakasih Cheria Halal Holiday sudah berbaik hati mengajak saya jalan-jalan dan juga terimakasih @kumpul.blogger.
Selamat juga untuk teman-teman blogger lain yang menang dan berpartisipasi. Untuk para pembaca blog kesayangan, terimakasih banyak.

22 comments on "Liburan Halal Ke Jepang Bareng CHERIA Halal Travel"
  1. Sugoooiiii~ jadi pengen ke jepaaang :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. capcus berangkat kaakaaak hihi.. Makasih udah mampir :)

      Delete
  2. Saya juga pengenlah kalo gratis mah hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa yang nolak ya? hoho sambil nunggu gratisan, nabung-nabung, Nanti ajak aku lur.

      Delete
  3. hwooo 😍😍, wisata halal bareng yang "halal" yak? #eh ✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen terbaper, ya Allah. hahahhaa. sok atuh geura berangkat, bisi ketemu yang halalnya di sana. hahahaa.

      Delete
  4. nabung nabung nabuuung xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooo nabuuuung... kalau udah usaha nabung, siapa tahu nanti Allah tambahin sisanya. hehe.. makasih udah mampir ya

      Delete
  5. Waaaaa sughoi, nice info neechan arigatou^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, douita ecaf-chan :* sachikonya teteh...

      Delete
  6. Ini tulisan terbagus sejauh ini event cheria

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah aslinya? terharu. Terimakasih banyak sudah mampir dan membaca, Mister.

      Delete
  7. pingin nyoba bullet train nya kalo dijepang. katanya secepet Hiraishin no Jutsu nya yondaime

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakkaka this comment made my day

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Jadi semangat nabung, unik ya wisata halal. Baru tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. celengan jangan dibobol mulu atuh ahaha

      Delete
  10. Sugooi. Nanti ajak-ajak aku jalan-jalan halal ke Jepang ya >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ajaakin kalo Neva ke Jepaang yaa

      Delete
  11. Selamat ya sudah jadi salah satu Juara. Nanti Insha Allah Kita ketemu di pulau Weh, Aceh mba...BTW kok bahasannya sama persis, sama-sama suka ke Jepang, hehehe... Enak banget ya kalo beneran bisa ke Jepang bareng cheria Travel pula.... Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat juga mas Hendra sudah jadi juara. Wah bisa ketemu blogger yang sudah lama malang melintang nih. Salam kenal dari newbie yang baru nyebur ke dunia perblogan. Iyaa nih, baru ngepoin Mas Hendra juga, ternyata sama jejepangan. Semoga terkabul ya kita bisa ke Jepang.

      Delete
    2. Aaamiiin... Mudah-mudahan kapan2. Tulisan dan grafisnya bagus, kreatif..

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature
Pembaca hidup dan buku yang ada karena 'udunan' kebaikan dari banyak orang. Silakan kunjungi rumah sebelah di www.medium.com/@sarafiza